Sejarah Lahir dan Berkembangnya Kristen Katolik

Lahir Dan Berkembangnya Agama Kristen Katolik dan Yahudi.

Istilah katolik berasal dari bahasa Yunani yaitu katholikos yang artinya adalah ajaran yang tersebar diseluruh dunia atau dapat diterima diseluruh dunia (bersifat “Universal”). Yang pertama memakai istilah katolik adalah Santo. Ignatius dari Antiokia. Kata “Katolik” lebih lanjut dianggap sebagai nama tertulis ajaran gereja yang benar dan sejatinya dipakai hingga zaman ini.
Ajaran Kristen Katolik mulai tumbuh ketika Yesus lahir di kota Betlehem yang terletak di wilayah Israel dan dilanjutkan secara turun menurun dari murid-murid Tuhan Yesus hingga hari ini.
Pertumbuhan umat Kristen perdana/awal mendapat banyak tekanan, hambatan, rintangan dan penganiayaan hebat dari Kekaisaran Romawi pada waktu itu, sehingga banyak jemaat, rasul dan bapak-bapak gereja telah dibunuh dan dikejar-kejar oleh tentara romawi. Berbagai bentuk penyiksaan dan penderita, pembakaran rumah ibadah adalah merupakan pemandangan biasa yang dialami orang kristen mula-mula.
Perkembangan Gereja Katolik pada awal abad ke-empat akhirnya atas kuasa Tuhan telah memasuki pada zaman pencerahan dimana gereja telah mendapat pengakuan resmi dari kaisar Romawi Konstantin Agung (380 M), Dia adalah seorang Raja pertama yang masuk Kristen dan dibaptis dalam kesatuan dengan Gereja Katolik yang berkedudukan di Roma dan akhirnya terus berkembang sampai di luar wilayah kerajaan Romawi (di Eropa). Pada abad pertama sampai abad ke-empat agama Kristen telah menyebar disekitar laut tengah, pada abad ke-empat sampai abad ketiga belas telah menyebar di benua Eropa, abad ketiga belas sampai abad kedelapan belas memasuki benua Amerika, sebagian Afrika dan Asia. Hingga pada abad ke-sembilan belas dan abad kedua puluh gerakan Misioner Injil Internasional telah menjelajahi seluruh dunia. Sampai hari ini, jumlah umat Kristen Katolik diperkirakan mencapai 7 miliar diseluruh pelosok bumi. Dan dari data statistika menunjukan Kristen Katolik merupakan peringkat terbanyak dari semua jumlah pemeluk agama-agama didunia.
Kekristenan merupakan sebuah kepercayaan yang berdasar pada ajaran, hidup, sengsara, wafat dan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. Agama ini meyakini Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias dan juru selamat satu-satunya bagi seluruh umat manusia yang percaya kepadaNya. Manusia pertama Adam dan istrinya Hawa telah mencemarkan citra diri manusia yang diciptakan sempurna sebagai wujud objek cinta Allah. Didalam diri Yesus Kristus, manusia mendapat kedudukan terbaik dan mengangkat kutuk dan bayang-bayang dosa. Dia telah menebus manusia dari dosa dan kuasa kerajaan maut (Iblis). Banyak tanda-tanda ajaib dan mukjizat kesembuhan serta pengusiran setan berhasil dilakukan oleh Tuhan Yesus yang kemudian dilanjutkan para murid-murid atau rasul-rasul-Nya.
Agama Kristen termasuk salah satu dari kelanjutan agama Abrahamik, sebagaimana dijelaskan dalam Perjanjian Baru, umat Kristen meyakini bahwa Yesus adalah Mesias yang diuraikan dalam Kitab Perjanjian Lama / Taurat (atau Kitab suci Yahudi) yang telah dijanjikan oleh Allah Bapa sejak zaman purbakala, bahwa seorang Anak telah lahir untuk kita , seorang Putra telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahu-Nya, dan nama-Nya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Sang Raja Damai.
Yesus lahir di kota Betlehem sekitar tahun ke-empat, pada masa kekuasaan raja Herodes. Yesus lahir dari rahim seorang wanita perawan Maria, yang dikandung oleh kuasa Roh Kudus, bukan dari benih sperma seorang pria (manusia biasa).
Dengan sejarah yang membentang lebar sepanjang dua ribu tahun, Gereja ini adalah salah satu yang tertua di dunia dan telah berperan penting dalam perkembangan sejarah dunia.
Bapak Paus (dari bahasa Latin disebut papa, dari bahasa Yunani: πάππας pappas, artinya “ayah”) adalah jabatan Uskup Roma dan sekaligus pemimpin Gereja Katolik di seluruh dunia. Keutamaan Paus adalah sebagian besar berasal dari peranannya dalam tradisi sebagai penerus Rasul St.Peter atau Santo Petrus, adalah kepada siapa Tuhan Yesus memberikan kunci Surga dan kuasa untuk “mengikat dan melepaskan” serta menyebutnya sebagai “batu karang” yang di atasnya Gereja kemudian dibangun.
Kepausan seringkali disebut “Takhta Suci” atau “Takhta Apostolik”; sebutan yang terakhir itu didasarkan pada keyakinan bahwa Uskup Pertama Roma adalah penerus dari Rasul Santo Petrus. Saat ini Paus dianggap sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh di dunia. Demikianlah perkataan Tuhan Yesus sendiri kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus” (Harap diperhatikan bahwa Yesus menyebut Petrus dengan nama lamanya, Simon bin Yunus. Kata ‘bin’ berarti putra, atau anak Yunus.)
Dalam Alkitab Tuhan Yesus berfirman: “Sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Dan Aku-pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku sendiri (Yesus) akan mendirikan jemaat-Ku dan kuasa alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Ku-berikan kunci Kerajaan Surga. Apa yang kau ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di (alam) Surga.”
Inilah proses panjang rantai tali temali atau benang merah yang tidak terputuskan dari sejak pentahbisan St. Petrus sebagai pemimpin (Paus) dari seluruh pengikut atau jemaat Yesus Kristus pertama kali sejak 2000-an tahun yang lalu.

www.KristenKatolik.com

Be the first to comment

Leave a Reply